Artikan Dalam Bahasa Anda

27 Mei 2012

MAKIN MAJU DENGAN INTERNET

Internet bagi saya saat ini mungkin bisa dikatakan menjadi sebuah candu, sehari saja tidak dapat menggunakan internet serasa bagaimana gitu.. icon smile Mungkinkah Internet telah membuat saya XLangkah Lebih Maju ? Pada artikel kali ini saya akan menceritakan bagaimana awal saya berkenalan dengan internet sampai saat ini Internet yang mungkin dapat dikatakan membuat saya XLangkah Lebih Maju.
hotrod3g icon Mungkinkah Internet telah membuat saya XLangkah Lebih Maju ?
Saya pertama kali kenal dengan internet ketika masih duduk dibangku sekolah SMP, berawal dari dipasangnya telepon rumah Telkom di kediaman saya. Dulu internetan menggunakan fasilitas telkomnetinstant dengan speed yang hanya 2-3 KB/detik. Untuk download lagu MP3 sebesar 5MB butuh waktu sampai 30 menit icon biggrin Mungkinkah Internet telah membuat saya XLangkah Lebih Maju ? . Butuh kesabaran yang cukup tinggi, dulu internet hanya saya gunakan untuk download lagu, update antivirus dan baca manga online. Yak hanya sebatas itu, hal ini berjalan sampai saya masuk SMA, walaupun hanya download, update dan baca sesuatu di internet, menurut saya ini sudah XLangkah Lebih Maju daripada teman saya, karena saya sudah tahu cerita Naruto yang terbaru.. hehehe icon biggrin Mungkinkah Internet telah membuat saya XLangkah Lebih Maju ? hal ini masih berjalan sampe sekarang, tidak ketinggalan dengan manga naruto.
Masa SMA sudah usai, saatnya pindah ke masa kuliah. Memutuskan kuliah di IT saat itu bukanlah hal mudah. Dari orang tua menyarankan untuk mengambil pendidikan yang pada akhirnya akan ditargetkan menjadi seorang guru, mungkin dari orang tua berpikir saya agar XLangkah Lebih Maju. Oke, saya setujui pendapat orang tua, saat itu targetnya adalah Pendidikan IT dari Universitas Yogyakarta, tidak jauh dari bidang saya yakni di IT.
Namun, yang namanya rencana manusia hanya bisa menentukan, dan takdir ternyata berkata lain. UNY menolak saya, ya bagaimana lagi. Akhirnya pilihan pindah ke STMIK Amikom Yogyakarta yang menurut saya XLangkah Lebih Maju daripada Kampus lainnya , sebuah kampus berwarna Ungu yang terletak di Ring Road Utara Yogyakarta.
Semuanya berubah saat perkuliahan dimulai, sebelum kuliah dipikiran saya yang ada saat itu saya ingin kuliah di amikom dan ingin menjadi seorang hacker, dipikiran saya dulu hacker itu sesuatu banget, seorang yang bisa masuk kesebuah sistem komputer melalui jalan yang tidak seharusnya dilewati. Semester satu kehidupan di dunia internet saya mulai berubah, yang dulunya hanya kenal facebook, onemanga, gmail, dll saat itu menurut saya sudah XLangkah Lebih Maju daripada sebelumnya, karena saya sudah mulai mengenal yang namanya forum. Dan forum yang pertama kali saya kenal adalah Kaskus, sebuah forum terbesar di Indonesia. Di kaskus saya belajar banyak, di forum ini membahas banyak hal, namun saya lebih tertarik pada bidang computernya. Room yang sering saya masuki adalah Computer Stuff, dengan kode F=19. Di kaskus juga saya pernah kenalan dengan seorang cewek, dan ternyata cewek itu kuliah di Amikom juga namun dia sudah semester atas alias kakak tingkat saya. Tidak perlu saya ceritakan disini siapakah dia.. icon biggrin Mungkinkah Internet telah membuat saya XLangkah Lebih Maju ? siapakah dia.. (diulang agar mendramatisir icon biggrin Mungkinkah Internet telah membuat saya XLangkah Lebih Maju ? )
Saat kuliah, saya mendapatkan hoby baru yakni blogging. Dari blogging ini semuanya mulai berubah dan mulai XLangkah Lebih Maju lagi. Dari blogging saya bisa berbagi baik itu pengalaman maupun ilmu, selain itu dari blogging saya juga mendapatkan ilmu dari blog – blog lainnya. Saat itu juga mulai melakukan yang namanya Monetizing Blog, yang intinya dulu bisa menghasilkan materi dari sebuah blog. Namun sampai semester 3 tidak menampakkan sebuah keberhasilan dari meMonitizing Blog. Ya seperti kata orang tua “Yang namanya rejeki gak bakal kemana mas” icon biggrin Mungkinkah Internet telah membuat saya XLangkah Lebih Maju ? yang terpenting adalah usaha dan do’a.
hotrod3g icon Mungkinkah Internet telah membuat saya XLangkah Lebih Maju ?
Pada semester 4 dimulai, ada sebuah mata kuliah yang cukup menarik yakni IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) yang didalamnya membahas tentang “Bagaimana cara mendapatkan $ dari sebuah Blog”. Yak, targetnya kali ini bukan Mata uang Indonesia lagi. Sebuah mata kuliah yang sesuatu banget, jiwa blogging kembali bergejolak, dari pengalaman yang sebelumnya membuat saya XLangkah Lebih Maju dari yang lainnya.
Alhamdulillah, usaha kali ini menampakkan hasilnya. Pada bulan pertama bisa menghasilkan lebih $100 sebuah nilai yang cukup waooww dipikiran saya saat itu icon biggrin Mungkinkah Internet telah membuat saya XLangkah Lebih Maju ? . Namun yang namanya jalan menuju kesuksesan itu tidak selalu mulus, selalu aja ada hambatan. Blog utama yang menghasilkan cukup besar, terkena Google Dance, istilah untuk perubahan halaman SERP (Search Engine Result Page) yang berdampak hilangnya pengunjung yang sudah mencapai ribuan. Hal ini juga mengakibatkan berkurangnya pendapatan dari blog tersebut.
Namun, hal tersebut tidak lantas membuat saya menyerah. Saya kemudian develop/membuat blog baru lagi. Dan alhamdulillah masih bisa merasakan nikmatnya gajian di akhir bulan walaupun tidak seberapa. Badai kembali datang, November 2011 ini ada banned masal yang dilakukan oleh Google Adsense. Dan saya termasuk orang yang terkena dampak dari banned massal tersebut. Akun adsense saya terkena disable, dan balance $$ yang ada didalamnya lenyap begitu saja. Resiko menjadi seorang internet marketing ya seperti ini, harus siap kapan saja kehilangan. Namun itu semua tidak akan membuat saya lemah kembali, saya berpikir harus XLangkah Lebih Maju lagi dan lagi. Mungkin saya akan memulainya kembali di awal tahun 2012 dengan semangat baru dan strategi baru.
Mungkinkah Internet telah membuat saya XLangkah Lebih Maju ?
Sekian dan Terima Kasih telah membaca Sebuah Cerita pendek dari saya.

Tidak ada komentar: